Sambutan Kelulusan SD, SMP, SMA dan SMK

Written by M Priyanto on .

oleh : Drs. Istiqlal Arif Lazim

Assalaamu’alaikum Wr. Wb.

 

Segala puji bagi Allah SWT, yang tiada pernah bosan menebar kasih-Nya kepada semua manusia dan mencurahkan rasa sayang-Nya hanya kepada umat yang beriman dan bertaqwa kepada-Nya. Sholawat dan salam mudah-mudahan tetap tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat dan pengikutnya yang dengan tulus ikhlas menyebarkan syiar Islam hingga ke seluruh penjuru dunia.

 

Saya sampaikan selamat atas KELULUSAN 100% anak-anakku para siswa kelas akhir di jenjang SD, SMP, SMA dan SMK Al-Irsyad Surabaya. Momen bahagia ini bukan hanya milik kalian saja, lebih dari itu, momen ini juga merupakan kebahagiaan seluruh guru dan karyawan Yayasan Perguruan Al-Irsyad Surabaya (YPAS).

 

Kelulusan selalu merupakan momentum yang menandai saat para siswa harus secara formal keluar dari sekolah sebelumnya tetapi sekaligus harus 

kembali ke sekolah yang lebih tinggi lagi. Untuk itu saya berpesan, yang pertama, agar sejalan dengan perkembangan dan perubahan ilmu dan teknologi, janganlah anak-anak berhenti belajar. Segala yang telah anak-anak peroleh selama di sekolah sebelumnya, hendaknya dapat memberikan bekal yang cukup bagi usaha anak-anak dalam mengembangkan diri dalam masyarakat, menghadapi berbagai permasalahan, menanggapi segala tantangan, dan menyelesaikannya dengan baik. Jangan lupa pula untuk selalu ber-amar ma’ruf nahi munkar. Kedua, kecerdasan dan ketrampilan itu memang mutlak diperlukan, tetapi yang tidak boleh dilupakan adalah bahwa kejujuran adalah landasan dalam mengerjakan segala sesuatu. Jika kita jujur, pribadi akan menjadi luhur; jika kita jujur, negara menjadi makmur. Jika semuanya itu dapat anak-anak lakukan dengan baik, keberhasilan tersebut tidak hanya menunjukkan keberhasilan anak-anak tetapi juga menunjukkan keberhasilan sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan. Ketiga, kelulusan janganlah dilihat sebagai akhir dari suatu proses pendidikan, namun sebagai awal dari suatu tanggung jawab. Tanggung jawab pada diri anak-anak, tanggung jawab pada keluarga dan tanggung jawab pada masyarakat, bangsa dan negara. Jangan pernah merasa puas hanya sekedar bekerja dalam hidup, tetapi tunjukkanlah bahwa  kalian berkarya. Keempat, jangan pernah menyerah dalam menghadapi persaingan dan tantangan. Persaingan dan tantangan tersebut merupakan romantika dalam hidup yang harus dijalani dan harus diatasi. Hal ini akan menempa diri kalian menjadi dewasa dan mantap sehingga menjadi sumberdaya manusia yang mampu bersaing dalam era globalisasi sekarang ini. Kelima, jangan pernah lupa untuk selalu bersyukur kepada Allah subhaanahu wa ta'aala. Syukur berarti tidak hanya dalam hati mengakui tapi juga dalam ibadah dan amal perbuatan.

 

Saya juga berharap setelah nantinya anak-anak tidak lagi terlibat dalam kegiatan sehari-hari di sekolah sebelumnya seperti semasa anak-anak sekolah, anak-anak tetap memberikan perhatian yang cukup besar kepada perkembangan sekolah sebagai alumni. Sekolah selalu menanti dukungan dari para alumninya untuk ikut memajukan almamaternya dan pada akhirnya dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat, termasuk para siswa generasi berikutnya.

 

Selamat atas hasil kerja keras dan cerdas kalian! Semoga Allah subhanahu wa ta'ala selalu meridloi setiap langkah kalian.

 

 

 

Wassalaamu’alaikum Wr. Wb.

 

Surabaya,  Juni 2013

 

Ttd

 

Direktur YPAS