Yayasan Perguruan Al-Irsyad Surabaya (YPAS). Menjadikan Sekolah Al-Irsyad Sebagai Agen Perubahan Masyarakat  read more

AL IRSYAD SURABAYA UNTUK 78 TAHUN KEMERDEKAAN INDONESIA

Print Email
(0 votes)

AL IRSYAD SURABAYA UNTUK 78 TAHUN KEMERDEKAAN INDONESIA

MUHAMMAD KAHFI – KELAS 5D

SD AL IRSYAD SURABAYA

           

Kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa. Hal ini seperti tercantum di UUD 1945 alinea pertama. Indonesia telah diberkahi dengan kemerdekaan selama 78 tahun. Ini semua adalah berkah bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya kami generasi penerus bangsa, generasi muslim Al Irsyad Surabaya yang akan meneruskan perjuangan kemerdekaan para pahlawan kami yang telah gugur dalam peperangan untuk merebut kemerdekaan dari penjajah. Hal ini menjadi kebanggaan kami dan semangat baru kami, sebagai generasi penerus bangsa sekaligus generasi cendekia muslim Al Irsyad Surabaya merupakan sesuatu hal yang sangat kami syukuri.

            Dengan menjadi murid Al Irsyad Surabaya, kami banyak belajar tentang kemerdekaan dan cara mengisi kemerdekaan yang baik dan sesuai dengan syariat islam. Kami bangga menjadi kedua bagian itu, karena hal ini merupakan suatu keuntungan yang tidak dimiliki oleh semua anak. Al Irsyad sebagai sekolah kami, yang selalu mengarahkan kami untuk menjadi generasi yang bermanfaat dan juga mengembangkan potensi kami agar menjadi anak yang sholih, disiplin, berakhlakul karimah dan memiliki prinsip perjuangan mempertahankan kemerdekaan.

            Salah satunya dengan mengadakan lomba menulis kreatif yang mampu menggali potensi kami, ide kami, dan kreativitas kami sebagai generasi penerus bangsa yang bertanggung jawab akan keberlanjutan kemerdekaan Indonesia. Ide kami dapat tertuang dengan sangat baik melalui ajang lomba menulis kreatif yang diadakan disekolah Al Irsyad Surabaya.

            Sebagai generasi penerus bangsa yang berakhlakul karimah, jelas kami bertanggung jawab atas kemerdekaan ini harus berdasarkan dengan pondasi yang tepat. Salah satunya dengan berprinsip pada ajaran islam, yang telah diajarkan sekolah kami dengan menjadi anak yang sholih serta memiliki nasionalisme dengan menghargai banyaknya perbedaan, serta  hiroh yang besar untuk bisa bertahan dalam kondisi apapun. Salah satu contoh karakter anak al irsyad sebagai perwujudan generasi penerus bangsa yang berakhlaqul karimah adalah dengan cara tidak saling bertengkar dengan teman walaupun berbeda pendapat. Menyelesaikan masalah dengan cara musyawarah dan voting seperti yang diajarkan dalam Pancasila sila ke 4 dan juga yang telah diajarkan oleh Islam tentang perdamaian dengan saudara sesama muslim.

            Selain itu, kami juga memiliki semangat belajar hal yang baru dan tidak menutup kemungkinan terhadap perubahan sesuai jaman dengan kemajuan teknologi. Kami tidak gampang jatuh ke dalam godaan teknologi yang mampu menarik kami seperti Game online dan hal yang melalaikan kami sebagai muslim. Karena selama disekolah, kami selalu dididik dengan baik oleh bapak dan ibu guru kami, agar selalu mengingat Allah, serta memiliki nasionalisme yang luar biasa untuk mempertahankan kemerdekaan.

            Kami bangga, telah menjadi salah satu bagian dari Al Irsyad Surabaya yang turut serta dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dari tahun ke tahun hingga hari ini. Kami bangga telah mendapatkan kesempatan ini, yang tentunya tidak semua orang bisa miliki. Al irsyad Surabaya adalah Lembaga yang turut serta dalam mengajarkan kami untuk terus memiliki mimpi yang besar untuk kemajuan negara Indonesia dalam berbagai bidang dan tentunya tidak lupa dengan hakikat kami sebagai muslim.

            Menurut saya, Al irsyad menjadi jawaban kami untuk mengisi kemerdekaan dengan hal hal yang bermanfaat dan tentunya tidak meninggalkan syariat syariat islam yang terkandung dalam sila pertama yakni ketuhanan yang maha esa. Dengan menjadi murid Al irsyad saja, kami sudah berperan menjadi murid yang ikut melaksanakan dan mengisi kemerdekaan dengan cara yang berbeda dengan generasi penerus bangsa pada umumnya. SemogaAl irsyad terus berkibar, terus menjadi sekolah yang mendidik murid muridnya menjadi murid yang memiliki nasionalisme yang tinggi dan berakhlak mulia