Yayasan Perguruan Al-Irsyad Surabaya (YPAS). Menjadikan Sekolah Al-Irsyad Sebagai Agen Perubahan Masyarakat  read more

ACARA 17 AGUSTUS DI KAMPUNG

Print Email
(0 votes)

ACARA 17 AGUSTUS DI KAMPUNG

 

Pada awal Agustus di kampung saya yaitu di Kalimas udik 3 selalu diadakan acara untuk memperingati hari kemerdekaan negara Indonesia dengan berbagai kegiatan yaitu lomba, bazar dan acara taptu. 

Kegiatan lomba yang dilakukan di kampung saya ada lomba masukkan paku dalam botol, adzan, amplop rahasia, jeruk dalam air, balap karung, tarik tambang, memecahkan balon.

Lomba dilaksanakan setelah isya.

Saya mengikuti semua lomba yang dilakukan di kampung saya kecuali adzan. Pada saat lomba Paku dalam botol saya tidak benar karena saya merasa kesulitan untuk memasukkan Paku dalam botol akan tetapi kakak saya memenangkan lomba tersebut dan meraih juara 1. Untuk lomba aplikasi yang menurut saya adalah lomba yang sangat seru karena saya di tanah untuk menemukan barang yang sebelumnya saya tidak tahu apa yang ditaruh di amplop. Lalu saya pulang ke rumah untuk mengambil barang tersebut dan yang paling cepat akan memenangkan pertandingan. Namun untuk lomba ini saya kalah, karena saya kurang cepat dari lawan saya untuk mengambil barang dari rumah.

Di hari berikutnya, lomba jeruk dalam air dilaksanakan. Lomba jeruk dalam air serta lomba dituntut untuk bisa mengambil jeruk dalam air menggunakan mulut, untuk lomba ini saya mendapatkan juara 1, karena saya terbiasa berlatih berenang dan menyelam hingga Saya tidak kesulitan untuk mengambil jeruk yang ada di dalam air. Untuk lomba tarik tambang saya berkelompok dengan 5 orang, akan tetapi untuk lomba ini kelompok kami kalah, karena kurangnya kerjasama di antara kelompok kami.

Di tanggal 16 Agustus malam bertepatan dengan acara taptu, pembagian hadiah dilaksanakan. Para pemenang lomba mendapatkan hadiah yang mereka Raih saat pertandingan lomba berlangsung. Nama saya dipanggil sebagai pemenang lomba jeruk dalam air Saya sangat senang menerima hadiah. Setelah itu acara taptu dimulai ketua RT dan ketua rw memberikan sambutan, setelah itu ketua rw menyuruh kita untuk Mengheningkan Cipta untuk menghargai jasa-jasa pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan bangsa kita. Setelah Mengheningkan Cipta, dilanjutkan dengan acara tari-tarian banyak sekali tari-tarian yang ditampilkan oleh anak-anak kampung saya ada tarian tradisional seperti tari serimpi tari kecak dan tari kipas. Tarian tersebut sangat indah saya sangat kagum dengan para penari karena mereka melakukan tarian dengan sangat rapi dan indah. Setelah tarian tradisional ada tari modern seperti tari hip hop, dance cover.

Setelah tari-tarian, acara selanjutnya adalah drama. Drama tersebut adalah drama Malin Kundang, drama Malin Kundang menceritakan mengenai seorang anak yang durhaka kepada ibunya, dari drama tersebut saya bisa mengambil hikmah jika berbakti kepada orang tua merupakan hal yang sangat penting. Setelah acara selesai panitia acara membagikan makanan kepada kami. Makan disajikan sangat enak menurut saya dan kami makan bersama,setelah itu acara pun selesai saya pulang dengan sangat kenyang dan senang.

Di rumah saya membuka hadiah yang saya raih dari menang perlombaan, setelah saya buka hadiahnya adalah buku tulis dan alat tulis. Hadiah ini sangat berguna bagi saya untuk sekolah untuk sekolah dan belajar.

Keesokan paginya saya mengikuti upacara bendera di sekolah, menurut saya upacara bendera pada hari kemerdekaan adalah hal yang penting bagi bangsa indonesia untuk memperingati hari kemerdekaan

Itu adalah pengalaman saya selama acara Agustusan di kampung saya, sangat seru dan menyenangkan.

 

Nama : Suhail Bahaswan

Kelas : 6C

No. Absen : 21