Yayasan Perguruan Al-Irsyad Surabaya (YPAS). Menjadikan Sekolah Al-Irsyad Sebagai Agen Perubahan Masyarakat  read more

URGENSI NILAI – NILAI KEMERDEKAAN UNTUK DICONTOH GENERASI MUDA

Print Email
(0 votes)

Oleh : lutfiadi[1]

 

Tidak terasa bangsa Indonesia pada tahun  2023 ini genap merayakan kemerdekaan 78 tahun. Tema yang diangkat dalam kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 2023 ini adalah “ Terus melaju untuk Indonesia maju” tentu tema ini merefleskikan semangat bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan pembangunan, berkolaborasi bersama memanfaatkan momentum untuk menjadikan Indonesi lebih maju.

Dengan kemerdekaan yang sudah cukup lama, maka kita sebagai rakyat Indonesia harus tetap menjaga keutuhan persatuaan, toleransi serta semangat juang dalam melanjutkan perjuangan para pahlawan kita yang sudah berkorban merebut kemerdekaan ini dari tangan penjajah, kita juga harus memberikan pemahaman yang benar tentang makna dan nilai-nilai kemerdekaan bagi generasi muda sehingga mereka bisa mengambil pelajaran penting dari perjalanan perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan ini dari tangan penjajah.

Kita tahu bahwa Indonesia merdeka bukan hasil pemberian apalagi mengemis kepada penjajah. Bangsa ini merdeka karena perjuangan semua elemen masyarakat Indonesia dengan semangat yang berkobar rela meninggalkan keluarga, mengorbankan harta, tenaga bahkan nyawa demi mewujudkan cita-cita bangsa yaitu kemerdekaan.

Lalu, apakah generasi muda sekarang mengerti tentang makna dan nilai-nilai kemerdekaan?  atau mereka hanya menjadikan kemerdekaan sebagai simbol perayaan saja ketika tanggal 17 agustus tiba dan melupakan nilai-nilai penting kemerdekaan?. Berikut ini ada beberapa nilai – nilai penting kemerdekaan yang harus diketahui oleh generasi muda lalu dijadikan referensi untuk melanjutkan perjuangan para pendiri bangsa dan pahlawan Negeri ini, kemudian diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat , berbangsa dan bernegara.

Kemerdekaan butuh perjuangan

Kemerdekaan yang kita nikmati sekarang ini tentu bukan didapatkan secara mudah dan santai melainkan dari hasil perjuangan yang panjang dan pengorbanan jiwa dan raga dari para pejuang serta mendapatkan keridhaan dari Allah subhanahu wa ta’ala . Sebagai generasi muda tentu harus memahami bahwa tidak ada sebuah kemerdekaan tanpa adanya perjuangan dan pengorbanan, artinya untuk meraih sebuah cita-tita yang tinggi itu butuh proses, untuk meraih puncak kejayaan itu butuh waktu yang lama, usaha yang keras, doa dan keyakinan. Maka janagn pernah penangisi atas kehialngan sesuatu yang kamu tidak pernah perjuangkan. Hidup ini adalah perjuangan dan harus diperjuangkan, sempurnakan usaha dengan doa kemudian menunggu hasil dengan kesabaran.kemerdekaan bukan akhir dari perjuangan, kita harus menjaga apa yang telah ditinggalkan oleh para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan.

Melibatkan Allah dalam segala hal

Dalam pembukaan UDD 45 alenia ketiga berbunyi, “ atas berkat rahmat Allah yang maha kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesiamenyatakan kemerdekaan.”  Makna alenia ketiga UUD 45 ini mengandung motivasi spritual, yaitu kesadaran dan pengakuan bahwa kemerdekaan Indonesia bukan hanya hasil perjuangan rakyat semata, namun juga karena rahmat Tuhan. Ini merupakan pelajaran penting bagi generasi muda bahwa mereka harus melibatkan Allah dalam setiap urusannya.

Sebagai contoh dari pahlawan  Kemerdekaan Republik Indonesia ini adalah Jendral Sudirman. Beliau merupakan sosok pemmimpin TNI pertama kali yang kuat agamanya. Jendral Sudirman dikenal dengan sosok yang rajin berpuasa .Disampng  itu, ia tidak pernah meninggalkan shalat di tengah kondisi apapun dan selalu menjaga wudhunya. Begitu juga dengan Bung Tomo , pada 10 November 1945 ketika terjadi pertempuran di Surbaya. Melalu pidatonya , “ Dan kita yakin saudara-saudara . Pada akhirnya kemenangan akan jatuh kepada kita, sebab Allah selalu ada dipihak yang benar. Percayalah saudra-saudara tuhan akan melindungi kita sekalian . Allahu Akbar ! Allahu Akbar ! Allahu Akbar !  Merdeka !!!. seruan takbir Bung Tomo disatu sisi mengagungkan nama Allah untuk memohon kekuatan dari Allah dan menyemangati rakyat.

Oleh karena itu, sebagai generasi muda didalam malakukan aktifitas, berjuang mengejar cita-cita dan kesuksesan harus melibatkan Allah,. kenapa harus melibatkan Allah dalam segala urusan kita? Jawabannya karena kita adalah manusia biasa yang hanya merencanakan dan berusaha, sekalipun permasalahan yang sangat banyak, sampai kadang kita tidak mampu melewatinya dan menyerah mencari jalan keluar, maka hanya Allah ayang akan memberikan petunjuk dan mempermudah urusan kita. Dalam sebuah riwayat dijelaskan bahwa ketika Rosululloh shallallahu alaihi wa sallam menasehati pemuda yaitu Abdullah bin Abbas Radiyallahu anhuma  agar selalu mengingat Allah, meminta hanya kepada Allah , selalu mengingat Allah diwaktu luang maupun sempit.

Pantang menyerah mengejar cita-cita

Mengejar cita-cita adalah keharusan bagi kita, di masa lalu cita-cita mulya rakyat Indonesia adalah merdeka dari penjajahan . Untuk mencapai cita-cita kemerdekaan Republik Indonesia ini,  para pahlawan dan masyarakat Indonesia tidak pernah menyerah dan putus asa menghadapi para penjajah walaupun mereka berbekal senjata seadanya, namun semangat dan percaya diri meraih kemerdekaan sangat tinggi. Mereka sadar untuk meraih sebuah cita-cita yang luhur akan ada banyak cobaan, ujian bahkan goncangan, sama halnya ketika kita ingan meraih surga yang dijanjikan oleh Alllah.

أم حسبتم أن تدخل الجنة ولم يأتكم مثل الذين خلوا من قبلكم مستهم البأساء والضراء وزلزلوا حتى يقول الرسول والذين أمنوا معه متى نصر الله الآ إن نصر الله قريب

Artinya : Apakah kamu mengira kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaima orang-orang terdahulu sebelum kamu ? mereka ditimpa oleh malapetka dan kesengsaraan serta digoncangkan (denagan bermacam-macam cobaan ) sehingga berkata Rasul an orang-orang yang beriman bersamanya: bilakah datang pertolongan Allah?” Ingatlah, sesunggunya pertolongan Allah sangat dekat. (QS: al-baqarah ayat 214)

Sementara, cita-cita Bangsa Indonesia sekarang adalah bagaimana menciptakan poros ekonomi yang kuat di dunia, membangun peradaban, mewujudkan keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia. Patut dijadikan contoh Bagi generasi muda sekarang bagaimana kesungguhan dan semangat para pejuang kemerdekaan yang tidak kenal menyerah dan putus asa. Generasi muda sekarang jangan melupakan sejarah. Generasi muda harus tetap semangat menjaga dan merawat keutuhan persatuaan bangsa ini, jangan biarkan para penghianat menguras kekekayaan Bangsa ini, jangan biarkan para pengacau yang luarnya manis tapi dalamnya busuk merongrong pesatuan dan kesatuaan bangsa ini. Tetap berjuang walaupaun tidak mengangkat senjata. Tetap suarakan kebenaran dengan lantang walaupun itu pahit .

 

Menumbuhkan rasa saling menghargai dan menghormati

Bagi generasi muda yang harus diperhatikan dan dijadikan pedoman dari nilai-nilai kemerdeaan di dalam berbangsa dan bernegara adalah menumbuhkan rasa saling meghargai dan menghormati. Sebagai generasi muda harus menghargai jasa-jasa pahlawan yang berjuang meraih kemerdekaan ini.  Sebagai bentuk implementasi dari nilai-nilai kemerdekaan bagi generasi muda yang hidup di zaman sekarang adalah meghargai dan penghormati perbedaan yang ada di Indonesia ini, perbedaan Agama, suku dan Ras dalam bermasyarakat dan bersosial.

 

 

Terima Kasih

 



[1] Guru PAI dan Bahasa Arab SMA AL_IRSYAD